Update Galaxy Note GT-N7000 4.3 SlimBean [GUIDE]

Kedatangan Android 4.4 Kitkat sudah mulai ramai diperbincangkan, infonya sih HP saya Galaxy Note N7000 juga akan kebagian menjajal Android 4.4, tapi kapan yah? :D

So terakhir saya membuat tutorial root Jelly Bean 4.1.2 stock ROM, sekarang saya mau sharing tentang upgrade N7000 ke Android 4.3 memakai custom ROM Slimbeam, tetapi banyak hal yang perlu diketahui sebelum teman-teman memutuskan untuk mengisntall Custom ROM.
Update Galaxy Note GT-N7000 4.3 SlimBean Jelly Bean
Pertama, jelas custom ROM membuat garansi HP kamu hangus, upgrade tanpa persiapan akan beresiko membuat HP kamu brick atau lebih parah bisa matot. Maka sebelum mencoba pastikan memiliki stock rom Jelly Bean 4.1.2 tersimpan di komputer atau laptop, juga Odin untuk downgrade atau kembali dan membatalkan upgrade. (kalau bisa recovery backup Nandroid sih silahkan dilanjut). Dan penting juga koneksi internet/wifi untuk mengaktifkan HP begitu selesai upgrade dan melakukan beberapa setting yang membutuhkan koneksi internet.

Semua tutorial yang saya share bersifat sharing, berbagi pengalaman, saya tidak menganjurkan kamu melakukan hal yang sama, namun jika kamu melakukan hal tersebut atas kemauan kamu, semoga tulisan saya ini bisa menjadi referensi pembanding. Baca halaman DISCLAIMER blog ini yah :)

Saya sarankan untuk mencari tutorial lain sebagai pembanding untuk memperlengkap wawasan dan untuk mengantisipasi hal-hal yang terjadi di luar keinginan.

Jika kamu sudah berbulat hati untuk upgrade ke Android 4.3, berikut pengalaman saya:

____________

2 file yang wajib ada sebelum memulai proses flashing:

Pertama download file OS Slimbeam 4.3 stable (versi terakhir built 2),

kemudian download juga file Gapps.

Berikut OS Slimbeam untuk N7000, download yang paling terbaru yah jika ada. Cek link ini:
http://www.slimroms.net/index.php/downloads/dlsearch/viewcategory/413-n7000 (Link sudah tidak berfungsi, agar mencar di Forum XDA Developer)

Saya memilih download file: Slim-n7000-4.3.build.2 sebesar 97.09 MB di: http://www.slimroms.net/index.php/downloads/dlsearch/viewdownload/413-n7000/6357-slim-n7000-4-3-build-2-official-1317 (Link sudah tidak berfungsi, agar mencar di Forum XDA Developer)

Kemudian File lain yang perlu didownload sebelum memulai flashing adalah file google Apps (Gapps), saya pilihkan Gapps AIO package (All In One) sebesar 146.81 MB untuk menginstall semua aplikasi google agar android bisa berjalan normal: filenya ada di: http://www.slimroms.net/index.php/downloads/dlsearch/viewdownload/1146-addons4-3/8845-slim-aio-gapps-4-3-build-2 (Link sudah tidak berfungsi, agar mencar di Forum XDA Developer)

setelah terdownload pindahkan 2 file ini ke dalam memory eksternal/SD Card HP kamu.

Jika kamu mendowloadnya langsung di HP, periksa kembali apakah file tersebut tersimpan di memory internal atau eksternal, pindahkan saja dengan file manager jika filenya ada di memori internal. Jika download di laptop yah pindahkan ke HP lebih dahulu :)

___________________

Pada saat saya melakukan proses di atas, HP saya dalam posisi batre full charge, lagi pula charger siap dipakai kapan saja.

FYI: HP saya jellybean 4.1.2 dan sudah di root dengan PhilZ-cwm6,


Jika HP kamu belum di root sebaiknya baca postingan saya tentang  bagaimana rooting jelly bean 4.1.2 N7000 dengan PhilZ-cwm6 atau sebaiknya ikuti tutorial dari web lain yang juga mewajibkan galnot untuk di unlock terlebih dahulu dengan menginstall CWM.


___________
FLASHING UPGRADE
  1. Matikan HP lalu tekan secara bersamaan "volume up" + "power on/off key" + "home key" sampai Recovery Mode muncul.
  2. Kamu dapat membuat Back up (optional hanya untuk jaga-jaga)
  3. Wipe data/factory reset. Wipe data dan Factory Reset ini wajib :)
  4. Kembali ke menu utama lalu pilih "install zip> choose zip from SD > pilih dan install Slim Bean Android 4.3 ROM > konfirmasikan instalasinya. (*gunakan volume up/down untuk navigasi dan tombol power untuk memilih).
  5. Kembali ke menu utama lalu pilih "install zip> choose zip from SD > pilih dan Install Google Apps > konfirmasikan instalasinya..
  6. Rebbot System Now

----------

Booting pertama agak lama, kalau logo animasi Slimbeam sudah muncul berarti sudah aman, tinggal melanjutkan seting hp melalui koneksi wifi ataupun koneksi internal.

Selamat, sekarang galnot kamu sudah bertenaga Android 4.3


Update 4.3 built version 2.2



ROOTING
Akses Root dapat dilakukan dengan memberi ijin superuser. Caranya: Settings -> Developer options -> Root access. Jika root akses telah didahului oleh aplikasi selain Superuser ini akan menjadi masalah, karenanya download superuser lebih dahulu setelah HP dapat dioperasikan.

Menu Developer Options tidak ada? aktifkan dulu menu "Developer Options" dengan menyentuh kolom tulisan "build number" sebanyak 7 kali sambil menyebut "bisot" juga 7 kali :D setelah menunya muncul masuk dan pilih "root access" to "apps and adb".


Selesai, HP kamu sudah memiliki root akses.


Tentu saja semua aplikasi bawaan Galaxy Note akan hilang, saya gak pernah menggunakan radio di galnot, ada beberapa sumber yang menyatakan akan kehilangan aplikasi radio, so jika kamu menganggap aplikasi radio penting, sila browsing bagaimana agar aplikasi radio bisa tetap dimiliki saat melakukan flashing, salah satunya upgrade Philz Touch CWM berapa gitu.

Untuk lebih lengkap mengenai bug dll silahkan kunjungi webnya diwww.slimroms.net hampir semua masalah dibahas dalam forum. Tidak ada salahnya kamu register disana untuk dapat mengakses penuh web tersebut.

Tambahan: Banyak aplikasi Kitkat Android 4.4 beredar di web, untuk aplikasi kamera, kontak, keyboard dan galery tidak perlu diupdate lagi karena ROM ini sudah menggunakan aplikasi terbaru, untuk Google now, google home (launcher), market dst itu terserah masing-masing, mau diinstal boleh tidak juga gak apa-apa, bukan HP gue ini :p

Oh iya, kalau mau upgrade Galaxy Note 1 N7000 kamu ke Android Kitkat 4.4.2 baca di sini.

Itu saja dulu yah, salam.


33 komentar

  1. Baca postingan dengan mata berkunang-kunang @-) hahaha tapi ini tampilan blognya baru, trus emoticon2nya juga keyeeeeennn :D (h)
    1. mau pasang emoticonnya ajah?
  2. sdh berhasil update.... more better than before....
    tapi S-Note nya kok ga ada ya? ga bs handwriting lg?
    1. :D cari aplikasi serupa di blackmart atau market2 alternatif, kalau masih mau S-note asli, coba saja cari di XDA Forum, coba cek trit ini, semoga membantu. cheer
  3. pada saat rooting berapa jam siih kok lama bener...
    1. gak sampe 2 menit
  4. mas, tulisan build numberx kk g ad ya,...
    biasax tulisan build numberx di mana...???
    1. lihat di about phone
  5. ttp g bsa mas...
    1. bisa diperjelas mas, apanya yg gak bisa, sudah sampai mana prosesnya, di hp ada menu apa saja dst, kalo sepotong2 saya gak jelas juga masalahnya dimana.
  6. Ok dah bisa mas...
    Tp gambarx kok g se jelas jelly bean ya. Yg slim bean buram gambarx.warnax jga gt.cara memperbaikinya gmn ya mas...???
    1. coba install launcher lain, maksimalkan setingan layar dlsb. saya sih fine2 aja mas.
  7. Gan saya iseng2 kok berhasil.tapi saya g tau memakainya terus cara mengembalikan ke jelly bean bisa g ya gan
    Maksih
    1. flash kembali dengan Stok ROM dari samsung
  8. Kurang tau mas,maklum kurang berpendidikan,mints to long di jelaskan.
    Makasih.
    1. bisa lihat di http://www.youtube.com/watch?v=M0dY00Re2ac
    2. Caranya sama dengan di atas mas.
      Trs kira2 ada resiko gak mas
  9. Mas dl waktu aku beli hp baru android saya 4.2 tp kok skrng jd 4.3 kenapa ya. ..
    1. Auto update saat konek ke wifi.
  10. mas kenapa minta login pas download Gapps AIO package ? trus cara buat akunnya gimana ? tolong dibantu yah ..
    1. kemarin-kemarin gak perlu login, daftar di forumnya mas, nanti login pake user dan pass di forum, bisa langsung daftar di Sini
  11. ane udah registrasi tapi waktu login tetep gak bisa gan?? gimana nih ?? mohon pencerahannya
  12. Bang, kalo pengen balikin data2 yng dah di back-up di JellyBean kaya gimana? Restore biasa ajah di recovery mode??

    Thx before ^ ^
  13. Gan File Gapps nya tidak ada di link donwload yg agan kasih..... bisa di upload ulang
  14. file gapps nya coba ke link ini aja bro
    http://www.slimroms.net/index.php/downloads/dlsearch/viewdownload/1146-addons4-3/8845-slim-aio-gapps-4-3-build-2
    1. Siiip, terima aksih updatenya, link yang lama perlu login yah? :)
  15. Klo external memorynya ga kebaca gimana mas?
    Gimana cara install zipnya?
    1. Kalo sd card-nya yg rusak yah ganti sd card yg bagus dan bisa kebaca, kalo gak bisa juga slot sd cardnya mungkin bermasalah, perbaiki dulu di tukang servis, kali aja dia juga nerima jasa upgrade.
  16. Slim_AIO_gapps.4.3.build.2 ga bisa di download gan .sllu muncul not recom
    1. coba pakai GAPPS lain mas asal pilih versi androidnya 4.3 kalau ada pilihan lain pilih minimal NANO
  17. Gan di download keluar nya ini aja.
    The recommended file was not found!

    Please inform your Webmaster!
    1. Kemungkinan filenya sudah dihapus, silakan cari GAPPS yg lain mas
No Spam, Please.