Salah 1 angka nomor rekening = runyam

Untuk teller bank memang senyum anda sangat menghibur, tapi please, laksanakan tugas anda dengan benar, jangan karena salah 1 angka kita semua rugi
Salah 1 angka nomor rekening = runyam

Brur n Sist, pernahkah anda mengirim uang via bank dan setelah sekian hari tidak juga masuk ke rekening tujuan?

Coba periksa bukti pengiriman transfer application-nya. Cek dengan teliti, apakah penulisan nama, nomor rekening sudah benar? Kalo anama kantor cabang itu sih pelengkap ajah, kalo ada yah sukur, gak juga gak apa-apa barangkali.

Saya kira yang penting nama dan nomor rekening saj,a karena dari nomor rekening itu seharusnya teller sudah tahu di cabang manakah rekening itu berada, terkecuali kalau lain bank, mungkin.....

Pengalaman Transfer, Teller salah mengetik rekening

Jika setelah diteliti dan penulisan nama dan nomor rekening pada transfer application sudah benar, tapi uang tidak kunjung sampai di rekening tujuan, hehehehe berarti saya tidak sendiri :)

Ceritanya bermula saat saya mentransfer uang via teller Mandiri ke rekening teman di BNI. Ternyata setelah 3 hari belum juga sampai. 

Kebetulan ada teman saya yang bekerja di bank BNI, saya pun menghiba-hiba agar ia dapat membantu saya mengecek nasib uang yang saya transfer. Setelah dia check, menurut dia ada kesalahan pada aplikasi.... teller di Bank Mandiri salah 1 angka dalam meng-input nomor rekeningnya. 

Kesalahan tentu bukan pada pihak kita dong, bukti hard copy aplikasi transfer jelas menunjukkan kita sudah benar dalam menulis nama dan nomor rekening.

Salah 1 angka nomor rekening = runyam

OK lah, saya tidak mengerti sistem di bank seperti apa. Jika sudah begini menurut teman saya itu ada 2 kemungkinan: Uang itu retur alias kembali ke Bank Mandiri, atau masuk ke rekening yang salah. Dari 2 kemungkinan itu saja saya sudah bertanya-tanya, kalo kembali ke bank Mandiri apakah kita sebagai pihak yang mengirim akan diberitahukan? (perasaan kalo lagi transfer jarang-jarang kita menulis lengkap alamat kita sebagai pengirim, dan pihak bank gak terlalu mempermasalahkan itu), akankah uang kita akan dikembalikan?

Kalau masuk ke rekening orang lain, apakah uang itu bisa kembali ditarik? Kenapa pula bisa salah rekening? apakah itu sengaja atau tidak?

Untuk mengirim via teller di Bank Mandiri kita akan kena biaya pengiriman (handling charge), kemarin saya kena 15.000,-

Kalau kita sudah bayar, kemudian ada kesalahan dari pihak teller atau mendapat pelayanan seperti di atas itu, apa pula yang akan kita rasakan? apakah teller yang salah itu akan dihukum, denda misalnya?

Pengiriman yang saya lakukan sangat peka waktu, dan ini terkait juga dengan masalah kepercayaan. Karena keterlambatan hingga 3 hari (kalau saya tidak punya teman di BNI mau sampai berapa hari?), saya menjadi tidak dipercaya lagi oleh seorang teman, kredibilitas saya runtuh dari teman menjadi "pembohong".

Bagaimana kompensasi atas kerugian moril ini? 

Kalau saya mau mendramatisir kejadian ini, bayangkan kita sedang bisnis besar, dan hanya dengan kesalahan meng-input 1 angka pada nomor rekening tujuan, bisnis kita merugi, pembelian bahan baku tidak akan dilaksanakan sampai uang masuk ke rekening tujuan, pabrik berhenti produksi, karyawan dipulangkan dst. Siapa yang menanggung kerugian ini?

Sudahlah, untuk teller bank yang selalu tersenyum manis, memang senyum anda sangat menghibur, tapi please deh, laksanakan tugas anda dengan benar, jangan karena salah 1 angka, kita semua rugi.

Salam

Dumelan kejadiannya dah saya muntahin di sini: TERNYATA KAMU BOHONG

*uang dikembalikan 350 ribu, handling charge 15 ribu tidak di kembalikan, kejadiannya di Bank Mandiri Jalan Landak, Makassar (IKIP / UNM).


1 komentar

  1. PAK RONI
    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
No Spam, Please.